Ayam

Sabtu, 31 Oktober 2009

berita

Kriminalisasi KPK

Belakangan ini kasus kriminalisasi KPK semakn memanas. Betapa tidak, penahanan Bibit dan Chandra menuai protes dari berbagai kalangan. Baik itu dari aktivis mahasiswa yang berdemonstrasi dari awal pelantikan SBY hingga kini aksi itu tetap berlanjut, berbagai lembaga swadaya, dan para tokoh pun memberikan statement atas tindakan ini. Polri dinilai berlebihan dalam menyikapi masalah ini, mereka dinilai sewenang-wenang karena melakukan penahanan tanpa alas an, sebenarnya alasannya tidaklah masuk akal. Jika alsannya adalah karena mereka (Bibit dan Chandra) banyak berbicara di pers, itu tidak sesuai karena hal itu merupakan hak konstitusionalnya, ungkap mantan ketua MA, Jimly Assidiqie.

Selama perjalanan kasus ini terkesan seperti tidak adanya I’tikad untuk segera menyelesaikannya secara tuntas. Hal inidapat dilihat dari sikap SBY yang lebih cenderung menjaga jarak, terkesan hanya untuk cari aman dengan dalih untuk membiarkan semuanya berjalan sesuai aturan. Sebagai seorang pemimpin, seharusnya SBY langsung mengambil tindakan. Karena jika tidak kepercayaan rakyat telah dikhianati lewat umbaran janjinya SBY sewaktu kampanye. Belum genap sebulan pemerintahan KIB II berjalan sudah muncul sangkaan yang kurang mengenakkan. Kecenderungan setiap orang sepertinya akan terus menemukan titik terang jika hal ini tidak segera disikapi.

Janji untuk memberantas korupsi di negeri pertiwi ini nampaknya akan semakin melemah tatkala lembaga yang mempunyai peran sedikit-demi sedikit terus di sudutkan. Mulai dari kasus Antasari, sampai kepada kriminalisasi pimpinan KPK. Tentunya semua ini tidak terepas dari luka lama yang terus dipendam oleh para koruptor yang sudah terkuak kasusnya atau bahkan yang belum terkuak.

(Budy, Medio 31 Okt ’09)

1 komentar:

  1. No Deposit Bonuses in Michigan: Casino & Slots - DrmCD
    No deposit bonus 당진 출장안마 codes are given to new players 서귀포 출장안마 only. No deposit bonuses are always valid for 하남 출장안마 new players only. New players 안산 출장샵 are offered 대전광역 출장안마 the chance to get

    BalasHapus